HW Corporation. Powered by Blogger.
 

Friday, May 31, 2013

CRM ELECTRONIC BUSINESS SYSTEMS

0 comments
Pertumbuhan ekonomi di negara indonesia ini akan dapat lebih maju dengan menggunakan sistem yang akan di jelaskan dalam pembahasan Electronic Business systems. Salah satu pembahasan yang akan di fokuskan yaitu CRM. Apa sih CRM itu? Pasti banyak yang mencarinya ke Prof.Dr.Google.com semua ini dilakukan untuk menambah wawasan dan mengembangkan bisnisnya. Sehingga didapatkan profit yang lebih dengan memahami dan menerapkan Sistem CRM.

CRM (Customer Relationship Management) menurut Wikipedia adalah  sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.
CRM (Customer Relationship Management) Menurut  Kalakota dan Robinson : 2001, CRM sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi.
CRM (Customer Relationship Management) Menurut Haryati, S : 2003, CRM didefinisikan sebagai sebagai suatu rangkaian aktifitas sistematik yang terkelola sebagai usaha untuk semakin memahami, menarik perhatian, dan mempertahankan loyalitas pelanggan yang menguntungkan ( Most Profitable Customer ) demi mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat.
Jadi dari beberapa pendapat para Ahli bisa di simpulkan bahwa CRM merupakan Usaha seseorang menciptakan Sistem informasi untuk mengintegrasikan pengelolaan berbagai tindak Bisnis dalam skala Besar antara pihak perusahaan dan pelanggan untuk memperoleh Profit yang bersih.

Aplikatif CRM
-       Contract and Account Management
Untuk membantu sales,Marketing yang profesional, cara ini digunakan agar pengumpulan data dari hasil penjualan produk lebih mudah.
-       Sales
Menyediakan layanan sales dengan bantuan software dan data yang telah terkumpul sehingga lebih mudah untuk mengontrol kegiatan Sales diluar dengan jarak yang jauh sekalipun.
-       Marketing and fullfilment
Membantu marketing profesional menyelesaikan masalah pemasaran yang sedang dan terus berjalan
-       Customise service and Support

Menyediakan tenaga sales dengan software yang didukung database yang di peruntukan pelanggan dan pihak perusahaan pun dapat mengambil data dari database tersebut.

Fungsi-fungsi dalam CRM [sunting]

Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
  • Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
  • Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
  • Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
  • Menangani keluhan/komplain pelanggan
  • Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
  • Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

0 comments:

Post a Comment