Pertumbuhan ekonomi di negara indonesia ini akan dapat
lebih maju dengan menggunakan sistem yang akan di jelaskan dalam pembahasan
Electronic Business systems. Salah satu pembahasan yang akan di fokuskan yaitu
CRM. Apa sih CRM itu? Pasti banyak yang mencarinya ke Prof.Dr.Google.com semua
ini dilakukan untuk menambah wawasan dan mengembangkan bisnisnya. Sehingga didapatkan
profit yang lebih dengan memahami dan menerapkan Sistem CRM.
CRM (Customer Relationship Management) menurut Wikipedia adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi
yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan
aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.
CRM (Customer Relationship Management) Menurut Kalakota
dan Robinson : 2001, CRM sebagai integrasi dari strategi penjualan,
pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi.
CRM (Customer Relationship Management) Menurut Haryati,
S : 2003, CRM didefinisikan sebagai sebagai suatu rangkaian aktifitas
sistematik yang terkelola sebagai usaha untuk semakin memahami, menarik
perhatian, dan mempertahankan loyalitas pelanggan yang menguntungkan ( Most
Profitable Customer ) demi mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat.
Jadi dari beberapa pendapat
para Ahli bisa di simpulkan bahwa CRM merupakan Usaha seseorang menciptakan
Sistem informasi untuk mengintegrasikan pengelolaan berbagai tindak Bisnis
dalam skala Besar antara pihak perusahaan dan pelanggan untuk memperoleh Profit
yang bersih.
Aplikatif CRM
- Contract and Account Management
Untuk membantu sales,Marketing
yang profesional, cara ini digunakan agar pengumpulan data dari hasil penjualan
produk lebih mudah.
- Sales
Menyediakan layanan
sales dengan bantuan software dan data yang telah terkumpul sehingga lebih
mudah untuk mengontrol kegiatan Sales diluar dengan jarak yang jauh sekalipun.
- Marketing and fullfilment
Membantu marketing profesional
menyelesaikan masalah pemasaran yang sedang dan terus berjalan
- Customise service and Support
Menyediakan tenaga
sales dengan software yang didukung database yang di peruntukan pelanggan dan
pihak perusahaan pun dapat mengambil data dari database tersebut.
Fungsi-fungsi dalam CRM [sunting]
Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
- Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
- Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
- Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
- Menangani keluhan/komplain pelanggan
- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
- Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.
0 comments:
Post a Comment